Selasa, 30 Maret 2021

Kiat Menata Kamar Tidur Berdasarkan Fengsui

Bagi orang yang memercayai paham-paham tertentu, fengsui merupakan pakem utama yang dijadikan patokan untuk menata tempat tinggal. Memiliki makna seni menata ruang kehidupan, fengsui sebetulnya bertujuan untuk membantu pemilik tempat tinggal agar dapat memaksimalkan aliran “qi” (atau semangat hidup) miliknya. Nah, kalau kamu juga sedang ingin menata ulang kamar tidur di apartemen BSD milikmu, tak ada salahnya intip beberapa kiat berikut, loh!



·         Jangan letakkan tempat tidur sejajar dengan pintu kamar

Tips pertama untuk menata kamar sesuai fengsui adalah penempatan kasur. Posisi terbaik kasur, seperti yang ditulis dalam situs The Spruce, adalah menghadap pintu, namun tidak boleh sejajar dengannya. Sebab selain menutup jalan masuk ke kamar, posisi ini dalam prinsip fengsui dikenal dengan nama “coffin position” (posisi peti mati), di mana kaki mengarah langsung ke arah pintu. Kalau kasur tidak memungkinkan untuk dipindah, kamu bisa menggantungkan seruling bambu di dalam kamarmu.

·         Posisikan kepala kasur langsung ke dinding dan hindari berada di bawah jendela

Tips kedua adalah memosisikan kepala kasur (headboard) bertemu langsung dengan dinding. Upayakan untuk punya ruang di sisi kiri, kanan, dan bawah kasur demi memudahkan pergerakan kamu saat hendak naik-turun kasur. Selain itu, hindari juga meletakkan kepala kasur tepat di bawah jendela, ya. Sebab, aliran qi milikmu bisa mengalir lewat jendela dan mengakibatkan tidurmu kurang nyenyak. Jadi, posisi yang pas sesuai fengsui untuk tempat tidur adalah di tengah-tengah kamar, ya.

·         Hindari menyimpan barang-barang di bawah kasur

Apakah kamu suka menyimpan barang-barang berukuran kecil hingga sedang milikmu di bawah kasur? Secara estetika, hal ini memang bagus karena tidak membuat barang-barang berantakan. Namun secara fengsui, ternyata hal ini kurang bagus, lho. Pasalnya, meletakkan benda-benda (terutama yang keras) di bawah kolong kasur kamu bisa menghalangi aliran qi kamu selagi kamu tidur. Jika memungkinkan, pindahkan barang-barang tersebut ke lemari atau kotak penyimpanan di salah satu sudut kamar saja, ya.

·         Minimalisir keberadaan benda elektronik di kamar

Ponsel, laptop, tablet mungkin sudah jadi kebutuhan sehari-hari kamu. Dengan demikian, berpisah dari mereka akan sulit sekali. Namun, ketahuilah jika banyaknya benda elektronik di kamar bisa memengaruhi siklus dan kualitas tidur, lho. Oleh sebab itu, jika memunginkan, kurangi keberadaan benda-benda elektronik dalam kamar kamu, ya. Tips: mungkin kamu bisa meletakkan tablet dan laptop kamu di meja ruang tamu atau ruang kerja setelah selesai menggunakannya.

·         Gunakan warna cat yang sesuai dengan kebutuhan

Tahukah kamu jika warna cat dalam fengsui bukan sekadar estetika? Ya, setiap kelompok warna memiliki makna tersendiri dalam prinsip fengsui. Maka dari itu, kamu bisa memaksimalkan aliran qi kamu dengan memilih warna cat yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kalau kamu sedang mengejar passion-mu, kamu bisa memberikan sedikit kuasan warna merah. Kalau kamu pengin kamarmu memberikan relaksasi, kamu bisa pakai warna-warna alam dan netral seperti hitam, abu-abu, atau putih. Sedangkan kalau kamu ingin kesehatan dan kekuatan, kamu bisa gunakan warna biru atau hijau. Warna merah muda atau jingga cocok buat kamu yang sedang mencari pasangan.

Itu dia beberapa kiat dalam menata kamar sesuai dengan fengsui. Semoga tips-tips di atas berguna buatmu, ya!

0 komentar:

Posting Komentar